FSEI IAIN Palu Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa di Bidang Hukum Ekonomi Syariah Melalui Seminar Nasional

Palu, 23/7 (Humas FSEI IAIN Palu), Bertempat di Auditorium IAIN Palu, Fakultas Syariah dan Hukum Ekonomi Islam IAIN Palu mengadakan Seminar Nasional dengan tema, “Revitalisasi Alumni FSEI Dan Kewenangan Peradilan Agama Dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah”. Acara dibuka oleh Rektor IAIN Palu, Prof. Dr. H Sagaf S Pettalongi M.Pd. Pakar Manajemen Pendidikan ini pun turut hadir sebagai narasumber.

 

Rektor IAIN Palu

Rektor IAIN Palu

Seusai sambutan Rektor, Dekan FSEI IAIN Palu, Dr. Hilal Malarangan M.H.I menyampaikan bahwa dalam perkembangan kebutuhan manusia, khususnya kebutuhan terhadap Bank Syariah, interaksi-interaksi yang ada memungkinkan terjadinya kesalahan-kesalahan yang bisa menimbulkan sengketa, baik antara nasabah dengan pihak Bank, maupun sengketa antara nasabah dengan nasabah.

Oleh karena itu, jika terjadi sengketa, tentu membutuhkan lembaga yang menangani hal tersebut, yakni Peradilan Umum yang telah memberi wewenang kepada Peradilan Agama. Dengan adanya wewenang tersebut, pihak peradilan agama dituntut untuk memiliki kecakapan dan keahlian dalam menyelesaikan sengketa, sehingga antara pihak yang bersengketa dapat memperoleh rasa keadilan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas alumni FSEI yang telah mempunyai ilmu pengetahuan di Lembaga pendidikan tinggi keagamaan islam negeri IAIN Palu, Khususnya FSEI dalam Bidang Ekonomi Syariah dan Muamalah, untuk itulah penting bagi Fakultas untuk mendatangkan narasumber yang khusus membahas Tentang “Kewenangan Peradilan Agama Dalam Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah”. Sehingga, alumni diharapkan dapat berperan di peradilan Agama nantinya.

 

IMG_20180723_103541

Dr. H. Hasbi Hasan, M.H

 

Dr. H. Hasbi Hasan, M.H, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama, sebagai narasumber utama menyampaikan beberapa hal di depan kurang lebih 250 peserta yang hadir di auditorium IAIN Palu. Salah satunya, bahwa mahasiswa harus mengimbangi pengetahuan teori dan praktek di lapangan. Mendapatkan teori di ruang kelas mesti diikuti dengan pengalaman di lapangan oleh para praktisi, sehingga ke depannya, mahasiswa lebih mudah memahami jika waktunya untuk mengabdi di masyarakat.

 

Penyerahan cendera mata oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Palu kepada Narasumber

Penyerahan cendera mata oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Palu kepada Narasumber

 

20180723_120854

 

Foto bersama Rektor IAIN dan jajaran berserta narasumber dan tamu undangan

Foto bersama Rektor IAIN dan jajaran berserta narasumber dan tamu undangan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *