KULIAH KERJA PROFESI; MAHASISWA FSEI SIAP TURUN KE INSTANSI PEMERINTAHAN DAN SWASTA

 

Rabu, 1/8/2018 (Humas FSEI IAIN Palu) – Sebanyak 247 mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) mengikuti kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Profesi Angkatan V Tahun 2018 di auditorium IAIN Palu. Kali ini, FSEI menggandeng lembaga perbankan dan peradilan pemerintah juga beberapa pihak swasta di Sulawesi Tengah.

“ Ada pelipatgandaan peserta KKP dari tahun sebelumnya. Ini membuktikan tiap tahun, FSEI mengalami kemajuan secara kuantitas dan kualitas.” Ucap Ketua Panitia KKP Angkatan V 2018, Dr. Gani Jumat, S.Ag., M.Ag dalam laporan ketua panitia.

“ FSEI telah berkomunikasi dengan lembaga perbankan, instansi peradilan pemerintah dan pihak swasta. Mereka dengan tangan terbuka bersedia menerima mahasiswa KKP ” Urai Pakar Agama Islam di sela-sela kegiatan.

 

Wakil Dekan Akademik dan Kelembagaan FSEI

Wakil Dekan Akademik dan Kelembagaan FSEI

 

KKP adalah agenda penting akademik mahasiswa guna mempraktekkan ilmu yang didapatkan selama perkuliahan di kelas. Ada 5 jurusan yang mengikuti KKP tahun ini, yaitu jurusan perbankan syariah, hukum keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah), ekonomi syariah, hukum ekonomi syariah, dan perbandingan madzhab.

” Anak-anakku mahasiswa akan mendapat pengalaman-pengalaman berharga, yang akan menambah pengetahuan dan keterampilan. Akan ada hal baru yang belum pernah anak-anak temui sebelumnya,” ucap Dekan Fakultas Syariah Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Palu, Dr. Hilal Malarangan, M.H.I, dalam sambutannya, Rabu 1/8 pagi.

“KKP adalah salah satu syarat capaian penyelesaian studi strata satu. Lewat program ini mahasiswa diharapkan beradaptasi dan berinteraksi langsung dengan dunia kerja dan pasar” ujar Hilal Malarangan.

Pakar Ilmu Hukum ini juga mengatakan, niat baik dalam belajar dan mengerjakan kebaikan selama turun di lapangan adalah bekal utama selain doa dari guru-guru di kampus dan orangtua.

 

DEKAN FSEI

DEKAN FSEI

 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Kerjasama IAIN Palu, Drs. H. Iskandar, M.Sos.I, dalam sambutannya yang juga membuka kegiatan Pembekalan Mahasiswa KKP ini menguraikan terdapat tiga pokok penting yang wajib diperhatikan oleh mahasiswa selama program KKP.

Pertama, sebut dia, KKP adalah kewajiban akademik dengan memenuhi segala indikator pelaksanaan.

“KKP adalah tahap penting penentuan untuk meraih gelar sarjana. Karena itu KKP memiliki 2 SKS yang harus dijalani,” sebut Iskandar.

Yang ke dua, ucap dia, mahasiswa harus mampu mempraktekkan teori-teori yang telah didapatkan di sebelumnya enam semester. Yang terakhir, adalah profesionalisme mahasiswa, karena itu KKP turut menjadi pemompa kualitas dan keterampilan mahasiswa, sehingga ketika selesai kuliah dapat berjuang menjadi orang bermanfaat di masing-masing bidang di masyarakat.

 

WAKIL REKTOR III IAIN PALU

WAKIL REKTOR III IAIN PALU

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *